Sabtu, 11 Juli 2009

Ujian Akhir Nasional

Ujian Akhir Nasional atau lebih dikenal dengan UAN adalah ujian akhir bagi setiap siswa kelas 3 SMP dan SMA.
Bagi saya UAN merupakan suatu tindakan "pembunuhan" halus yang dilakukan oleh pemerintah. Saya akui, saya benar-benar tidak setuju sekali dengan UAN. Menurut saya, itu sangat tidak adil. Masa hanya dengan mengikuti UAN yang dilaksanakan paling kurang 5 hari akan menentukan kelulusan belajar seorang siswa yang sudah belajar selama 3 tahun?
Itu buruk sekali, bahkan sangat buruk. Apa pemerintah ga' ada alternative lain apa? Ga' mikir apa? Udah banyak siswa meninggal dunia gara-gara ga' lulus UAN.
Kalo menurut saya, UAN bukannya harus dijadikan sebagai patokan lulus atau ga' lulusnya seorang siswa. Tapi UAN bisa dijadikan sebagai ujian akhir yang nantinya bisa dijadikan pertimbangan (bukan penentu) bagaimana siswa tersebut bisa lulus setelah belajar selama 3 tahun disekolahnya.
Untuk urusan yang satu ini, saya tidak sependapat dengan pemerintah. Bahkan saya sangat kesal sekali kalau UAN dijadikan penentu kelulusan seorang siswa. Apalagi sekarang saya adalah seorang siswi kelas 3 SMA. Entah bagaimana kelak nasib saya dalam UAN yang akan saya tempuh. Walaupun UAN tidak efektif, mau gimana lagi? Saya harus berjuang supaya lulus agar bisa mencapai cita-cita saya dan kelak bisa merubah tatanan pendidikan seperti UAN ini kearah yang lebih baik lagi. Amin...

2 komentar:

Agung Sundoro mengatakan...

setuju banget gw...
kalo bisa uan dihapuskan aja sekalian yah...

mendingan dilihat dari nilai kerajinan'a selama kelas 1,2, dan kelas 3...
klo ada yg g ngrti buat blog ini tanya aja gw di...
http://agungsundoroit.blogspot.com

Putri Adyus mengatakan...

Ya, dihapuskan lebih baek..
thank..!!

Posting Komentar