Jumat, 10 Juli 2009

Kaba Klasik Minangkabau

"Kaik bakaik rotan sago
Takaik di aka baha
Aka diambiak ka pamenan;
Di langik alah tabarito
Tibo di bumi jadi kaba
Iyolah kaba Malin Deman.

Tungkek galah Amat di Rajo
Sitaba baliak pakan;
Kok salah tobatlah ambo
Kok bana samo amalkan.

Singgalang tadanga runtuah
Rang mudo babaliak tangah jalan;
Hati sia indak ka luluah
Puti dihandakkan Malin Deman.

Jikok nan kuriak iyolah kundi
Kalau nan merah iyolah sago;
Jikok nan baiak iyolah budi
Kalau nan indah iyolah baso.

Babelok baliku-liku
Nan babelok ka Batanghari;
Di elok urang tak kataju
Budi nan baiak nan dicari.

Pulau pandan jauah di tangah
Di baliak pulau si Angso Duo;
Hancua badan dikanduang tanah
Budi nan baiak dikanang juo.

Kok indah pandai manabang duri
Tatusuak ka dalam mato;
Kok indak pandai bamain budi
Ameh habih badan binaso."

Ondeh mande, raso jadi urang Minang sajadinyo. Takana pelajaran Budaya Alam Minangkabau kelas 3 SMP.
Di suruh sama Bu' Guru buat ngeringkas salah satu kaba klasik Minangkabau. Waktu itu yang saya pilih adalah kaba tentang Malin Deman.
Kaba ini bercerita tentang kisah seorang anak manusia yang menginginkan Putri (kayak nama saya saja, hehe..) dari khayangan sebagai pendamping hidupnya. Dengan menyembunyikan kain Sunsang Baraik milik Putri Bungsu, Malin Deman berhasil mencapai cita-citanya itu. Kehadiran Malin Duano, buah hati mereka berdua membangkitkan kerinduan Putri Bungsu untuk membawa anaknya itu kepada sanak keluarganya di langit. Dari sinilah timbul konfliknya, ceritanya sangat menarik. (Bagi yang ingin tahu lanjutan ceritanya silahkan beli bukunya sendiri di toko-toko buku kesayangan Anda).
Tadinya buku kaba ini saya pikir menggunakan Bahasa Indonesia. Eh ga' taunya, pake Bahasa Minang malahan. Sumpah, banyak dari Bahasa Minang yang merupakan Bahasa nenek moyang saya yang tidak saya ketahui sama sekali. Bahasanya udah 'complexs' banget.
Saya juga malu, mengapa saya yang dari kecil lahir dan dibesarkan di Minangkabau tidak mengetahui secara mendalam budaya daerah saya sendiri.
Maka dari itu, saya mengucapkan terimakasih kepada Guru BAM saya pada waktu itu (maaf saya tidak bisa menyebutkan nama Beliau karena saya lupa, hehe.., maaf ya Bu').
Mulai dari sekarang saya berniat untuk mempelajari budaya saya sendiri sebelum saya mempelajari dan mencintai budaya orang lain.
Mudah-mudahan sukses ya Allah, amin..
^_^

0 komentar:

Posting Komentar